Contact Phone: +62-816607401

Seberapa Bahaya Kista Ovarium Bagi Para Wanita?

  • http://www.ratuaura.com/wp-content/themes/Lotuswp/images/recentnews11.png
  • http://www.ratuaura.com/wp-content/themes/Lotuswp/images/circleimage1.jpg
  • http://www.ratuaura.com/wp-content/uploads/2016/04/suara-alam.jpg

Bahaya kista ovarium bagi wanita – Hai sahabat Aura semua? Apa kabar kalian? Tentu saja sehat bukan? Informasi pada artikel ini sangat penting untuk diketahui oleh para wanita. Karena pada artikel ini akan membahas tentang kista.

kista ovarium

Kista memang termasuk pada penyakit yang tidak ganas, namun tidak menutup kemungkinan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika memang didiamkan dan tidak diatasi dengan tepat dan serius.

Kista pada Rahim tentu saja dapat mempengaruhi kondisi perut seseorang merasakan sakit yang teramat sakit seperti terpelintir.

Beberapa gejala seperti rasa nyeri pada saat haid, frekuensi buang air besar dan buang air kecil meningkat, terasa nyeri pada bagian perut bawah dan lain sebagainya.

Dan yang perlu kalian perhatika adalah kista dapat menyebabkan kemandulan serta kondisi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran.

Sebelum kita membahas bagaimana gejala kista, maka ada baiknya kalian mengetahui apa kista ovarium itu sendiri.

Apa Itu Kista Ovarium?

Penyakit kista merupakan penyakit yang berupa benjolan yang berisi cairan. Penyakit kista adalah sejenis tumor jinak yang lebih sering ditemukan pada wanita, meskipun ada pula pria yang mengalaminya.

Penyakit kista ovarium berbetuk kantung berisi cairan yang dapat terbentuk di ovarium wanita. Penyakit kista ovarium ini sangat sering terjadi pada wanita yang masih aktif haid dan dapat melahirkan anak.

Ovarium merupakan dua organ kecil yang letaknya di dua sisi Rahim pada tubuh wanita. Karena ovarium sangat erat kaitannya dengan Rahim, maka banyak pula yang menyebutkan sebagai penyakit kista Rahim sekalipun penyakit kista merupakan benjolan pada indung telur.

Penyakit kista ovarium ini terkait erat dengan siklus menstruasi. Penyakit kista ovarium ini terjadi pada saat telur tidak dilepaskan atau kantong folikel tidak larut setelah telur dilepaskan, padahal setelah telur dilepas ovarium, folikel ini seharusnya larut.

Gejala Kista Ovarium

Cukup banyak wanita yang pernah memiliki kista ovarium . Meskipun begitu banyak wanita yang menganggapnya remeh. Hal tersebut karena kista tidak menghasilkan gejala apapun.

Apabila penyakit kista ovarium ini membesar dan menekan organ lain atau membatasi aliran cairan pada jaringan seperti hati, pancreas atau organ yang lain maka gejala kista ovarium tersebut akan muncul. Diantaranya adalah :

  1. Nyeri pada perut
  2. Kesulitan kencing atau seringkali buang air kecil
  3. Sakit yang tidak jelas di punggung bawah
  4. Nyeri dan pendarahan yang abnormal selama menstruasi atau diluar siklus menstruasi
  5. Berat badan terus menurun
  6. Sering mual dan muntah
  7. Kehilangan nafsu makan, perut merasa kenyang dari biasanya.

Meskipun beberarap wanita tidak akan merasakan gejala apapun, beberapa jenis kista ovarium dapat bersifat ganas.

Terutama bagi kista yang baru saja tumbuh setelah wanita melewati masa menopause. Oleh karena itu, kalian harus berhati-hati dan menerapkan pola hidup sehat pada tubuh kita.

Dengan pola hidup sehat dan masalah penyakit yang berkurang dari tubuh kita, maka kita akan memiliki pancaran aura positif yang akan kita tebarkan kepada orang lain.

Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan berpikiran positif agar orang lain merasakan pancara aura positif dari diri kalian.

 

58 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Comments are closed.

WhatsApp Klik untuk Chat Via WhatsApp